MNC Group Bangun Jembatan Gantung

Rabu, 26 November 2014 - 11:21 WIB
MNC Group Bangun Jembatan Gantung
MNC Group Bangun Jembatan Gantung
A A A
LEBAK - Jembatan gantung yang menghubungkan Kampung Belah Haji, Desa Karya Jaya, Kecamatan Cimarga, dan Kampung Selapajang, Desa Cigoong Selatan, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak dibuka untuk masyarakat kemarin.

Jembatan hasil sumbangan dari MNC Group, Yayasan Miss Indonesia, dan Yayasan Jalinan Kasih ini dibangun untuk memudahkan akses di dua kampung tersebut. Sebelumnya di wilayah tersebut sudah ada jembatan, namun rusak parah dan tidak bisa dilalui.

Bila ingin ke Desa Cigoong, warga Kampung Belah Haji harus memutar ke jalan lain yang jaraknya sangat jauh. Yang lebih mengkhawatirkan, anakanak terpaksa meniti tali jembatan yang rusak itu untuk berangkat ke sekolah. Meniti tali dianggap lebih cepat jika dibandingkan menggunakan rakit walau bahaya mengancam.

Jika musim hujan dan air sungai meluap, anak-anak sekolah terpaksa membolos. ”SMP dan SMA tidak ada di kampung ini (Kampung Belah Haji), jadi mereka harus sekolah ke Cigoong,” kata tokoh masyarakat Desa Karya Jaya, Nabhani, kemarin. Mantan kepala Desa Karya Jaya ini mengatakan, dengan jembatan baru ini, semua kesulitan yang dialami warga sudah dapat diatasi.

”Kami sangat berterima kasih. Pembangunan jembatan gantung yang dilakukan PT MNC Group membuat akses jalan saat ini terbuka dan kami sangat bahagia,” tuturnya. Jembatan yang baru dibangun ini berupa jembatan gantung dengan lebar 1 meter, panjang sling utama 100 meter, dan panjang lantai 60 meter.

Pembangunan ini dimotori Relawan Kampung dengan koordinator Muhammad Arif Kirdiat bersama masyarakat. ”Kami mulai survei pada Agustus, kemudian pada September mulai pengerjaan fisik dan jembatan ini dapat kami selesaikan pada awal November,” kata Arif.

Menurut Arif, Relawan Kampung ini telah bergerak selama tiga tahun untuk membangun jembatan salah satunya jembatan sumbangan dari MNC Group. ”Alhamdulillah ini jembatan ke-25 yang dibuat Relawan Kampung dalam tiga tahun terakhir,” ucapnya. Usai doa bersama, secara simbolis jembatan dibuka oleh CSR Officer MNC Media Hendra Eteng yang datang mewakili CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

”Semoga jembatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya. Selesainya pembangunan jembatan itu dapat memudahkan akses masyarakat Kampung Selapajang, Desa Cigoong Selatan dan memudahkan anak-anak berangkat ke sekolah. ”Dengan ada jembatan, anak-anak bisa mengenyam pendidikan dengan baik. Sekolahnya janganterhambat,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Project Officer Miss Indonesia Fauziah Dasuki mengatakan, awalnya dia sangat tidak percaya bahwa jembatan ini bisa dikerjakan dengan cepat. Ternyata berkat gotong-royong, jembatan bisa diselesaikan. ”Kami saya kagum. Kami berharap jembatan ini memberi manfaat besar untuk kemajuan kampung ini dan berharap warga bisa menjaga jembatan agar bertahan lebih lama,” ungkapnya.

Teguh mahardika
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6237 seconds (0.1#10.140)