Menteri Jokowi Diminta Terapkan Pakta Integritas Anti-KKN

Rabu, 19 November 2014 - 22:39 WIB
Menteri Jokowi Diminta Terapkan Pakta Integritas Anti-KKN
Menteri Jokowi Diminta Terapkan Pakta Integritas Anti-KKN
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Energy Watch Ferdinand Hutahaean mengatakan kandidat Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina hasil assesment PT DDI patut dipertanyakan.

Alasannya, berdasarkan informasi yang diperoleh, hasil assesment DDI berbeda jauh dibandingkan hasil assesment untuk jajaran direksi Pertamina pada 2009 dan 2011.

Dia menduga ada upaya cukup masif untuk menguasai sektor migas. Indikasinya, kata Ferdinand terlihat ketika Rini menunjuk PT DDI yang notabene memiliki kaitan dengan Ongky Soemarno merupakan kakak kandung Rini.

Menurutnya, hubungan kekerabatan itu bisa memengaruhi independensi dan integritas PT DDI. "Bahkan dari awal terlihat jelas kepentingan Soemarno Cs mengusulkan nama kandidat Dirut Pertamina orang lama," ujar Ferdinand dalam keterangan persnya, Jakarta, Rabu (19/11/2014).

Sementara itu mengenai pemilihan Dirut Pertamina dari internal atau eksternal, menurutnya terpenting adalah faktor integritas, profesional, independen, ahli di bidangnya dan bersih, dari kooptasi pengaruh kepentingan kelompok tertentu.

"Jokowi sudah menyatakan Pakta Integritas agar kabinetnya bebas dari korupsi melalui penyaringan lewat KPK. Sudah sepantasnya PT DDI dan Kementerian BUMN terbuka dan transparan terkait seleksi Dirut dan Direksi Pertamina," tukasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8421 seconds (0.1#10.140)
pixels