Dari Gatot Kaca hingga Gundala Putra Petir

Sabtu, 15 November 2014 - 12:27 WIB
Dari Gatot Kaca hingga Gundala Putra Petir
Dari Gatot Kaca hingga Gundala Putra Petir
A A A
Jika kalian biasa melihat cosplayer dengan karakter animeatau manga,di Jakarta Cosplay Parade 2014 justru yang menjadi bintang utamanya adalah cosplayerdengan karakter asli Indonesia.

Dengan mengangkat tema “Rising of Indonesian Legend”, tokoh Gatot Kaca, Srikandi, Gundala Putra Petir, Pandawa Lima, Reog Ponorogo, dan karakter asli Indonesia lainnya kembali dihidupkan dan bertransformasi menjadi cosplayeryang tak kalah keren dari cosplayerluar negeri.

Salah satunya, komunitas beranggotakan 5 remaja, Bali Legend Saint/Eien no Filous, yang dengan bangga berperan sebagai tokoh Indonesia yang memadu budaya Bali dan Jawa Tengah. Menurut mereka, budaya-budaya yang ada di Indonesia itu sangat beragam.

Dengan kreativitas dan inovasi anak muda, maka bukan tidak mungkin cosplayerdengan tokoh asli Indonesia bisa lebih dikenal dibandingkan dengan cosplayerdari negara lain. Sorotan lampu panggung pun mengiringi performa para komunitas cosplayerini selama masing-masing 5 menit.

Mereka menampilkan atraksiatraksi menarik bertemakan Indonesia dan nasionalisme yang mampu menarik tepuk tangan dan keriuhan dari penonton yang memenuhi tribun acara. Para juri pun terlihat excited menilai penampilan-penampilan cosplayer tokoh Indonesia ini. Salah satunya adalah Marcelinno Lefrandt, artis yang sekarang aktif menjadi komikus yang menciptakan tokoh Volt, superhero Indonesia berkekuatan listrik.

Menurut dia, kiita anak Indonesia harus mengapresiasi kreativitas dan bakat anak bangsa, terutama di bidang cosplay. Festival ini adalah salah satu langkah awal hidupnya dunia cosplaydi Indonesia. “Saya juga sangat senang saat tahu kalau tokoh ciptaan saya, Volt, juga ada cosplayer-nya di sini,” ujar Marcelinno.

Dengan adanya festival ini, Arie Budiman selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta berharap agar karakter lokal tetap melegenda dan dikenal generasi muda karena sebenarnya karakter-karakter Nusantara tidak kalah hebat dibandingkan dengan karakter manga, anime,dan komik luar negeri.

AMANDA MARCHILLYONA
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3347 seconds (0.1#10.140)