Rising of Indonesian Legend!

Sabtu, 15 November 2014 - 12:25 WIB
Rising of Indonesian Legend!
Rising of Indonesian Legend!
A A A
Walaupun cosplay adalah budaya pop dari Negeri Sakura, cosplay bisa juga kok diadaptasi jadi karakter-karakter legenda Indonesia, seperti Carok, Gundala Putra Petir, Gatot Kaca, Pandawa Lima, dan karakter lainnya dari Nusantara seperti yang ada di ajang Jakarta Cosplay Parade 2014.

Pada Ahad (2/11) silam, kawasan Monumen Nasional (Monas) menjadi pusat invasi ratusan cosplayerdari Jabodetabek dan juga luar negeri seperti Belanda, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan. Ajang yang baru pertama kali diadakan dan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta ini diikuti oleh sekitar 500 peserta dari 23 komunitas cosplayer maupun peserta individu.

“Acara ini digelar untuk memberikan apresiasi dan motivasi bagi para pelaku pop culture, khususnya cosplayer Indonesia untuk mengembangkan kreativitas, serta inovasi dalam karya, sekaligus mempromosikan Jakarta sebagai destinasi pariwisata dan budaya,” ujar Arie Budiman, Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Bukan cuma tampil membawakan karakter cosplay, para cosplayer yang terbagi dalam beberapa kategori seperti grup, karakter Indonesia, Western, Eastern, komunitas, dan institusi saling bertarung memperlihatkan kreativitas mereka untuk memperebutkan penghargaan Most Valuable Cosplay Community Award.

Pemenangnya berkesempatan mengikuti acara Supanova Pop Culture di Brisbane, Australia. Para jurinya pun kecedan memang berpengalaman di dunia komik dan cosplay. Mereka di antaranya Ario Anindito, Ari Santosa, Chris Lie, Ahmad Thoriq, Fabianus, Ockto Baringbing, Marcelino Lefrandt, MM Earlene, Pinky Luxun, serta juri internasional Echow Eko dan Sora Hua yang tergabung dalam grup cosplay Daikon Sky yang sudah malang melintang di dunia cosplay internasional.

Festival yang juga bertujuan mempromosikan Jakarta sebagai destinasi pariwisata dan budaya ini juga sukses menjadi pusat perhatian lewat aksi parade cosplayer yang warawiri di sepanjang silang Monas.

AMANDA MARCHILLYONA
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5189 seconds (0.1#10.140)