AS Tidak Terlibat Protes Hong Kong

Kamis, 13 November 2014 - 12:38 WIB
AS Tidak Terlibat Protes Hong Kong
AS Tidak Terlibat Protes Hong Kong
A A A
BEIJING - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama membantah negaranya berada di balik protes prodemokrasi Hong Kong yang kini masih berlangsung. Pernyataan tersebut menjawab spekulasi keterlibatan AS dalam aksi protes.

Pernyataan tersebut disampaikan Obama dalam kunjungannya ke China menghadiri KTT APEC, sekaligus pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping. Sepanjang pelaksanaan protes, Washington memang kerap memberikan semacam dukungan, seperti halnya terkait dukungan bahwa setiap warga memiliki hak untuk berdemokrasi.

Dukungan Obama disambut baik para pengunjuk rasa di Hong Kong, meski dukungannya belum tentu dapat mengubah komitmen China dan pemerintah Hong Kong. Faktanya, sebelumnya beberapa media lokal yang mengutip elite China justru menuduh Obama ikut terlibat dalam unjuk rasa itu dengan mengirimkan dana jutaan dolar.

Namun belakangan, Obama memverifikasi dan membantah AS menjadi dalang di balik protes penerapan sistem demokrasi di Hong Kong. “Saya menegaskan kepada Presiden China Xi Jinping bahwa AS tidak terlibat dalam protes di Hong Kong,” ujar Obama yang berdampingan dengan Jinping dalam konferensi pers di Beijing kemarin.

Muh shamil
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6580 seconds (0.1#10.140)