Kemenag Gandeng ESQ Bangun Budaya Kerja

Senin, 10 November 2014 - 14:07 WIB
Kemenag Gandeng ESQ Bangun Budaya Kerja
Kemenag Gandeng ESQ Bangun Budaya Kerja
A A A
JAKARTA - Untuk membuktikan keseriusannya menjadikan Kementerian Agama (Kemenag) menjadi kementerian yang lebih baik, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin yang didukung oleh segenap jajarannya meluncurkan program budaya kerja di Kemenag.

Ada lima nilai kerja diluncurkan oleh Kemenag. Program pembangunan budaya kerja itu dibentuk atas kerja sama Kemenag dengan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) 165 yang dipimpin Ary Ginanjar Agustian. Lima nilai tersebut adalah integritas, profesional, tanggung jawab, inovasi, dan keteladanan.

”Kami harus menyelesaikan program yang sangat berat namun dapat menjadi tolok ukur yang diinginkan. Ini sebuah kepercayaan dari Pak Menteri Agama. Pertama menyiapkan mapping mindset di Kemenag. Kemudian Focus Group Discussion (FGD). Maka akan lahir DNA reformasi birokrasi secara moral dan kultural,” ungkap Ary seusai peluncuran Lima Nilai Kerja di Kantor Kemenag, Jakarta, Kamis (06/11).

Sementara itu, Lukman Hakim mengatakan alasan diperlukan nilai-nilai dasar budaya kerja ini karena adanya ketidakberesan budaya kerja di Kemenag sehingga diperlukan sebuah perubahan.

”Saya menemukan ada sesuatu yang harus dibenahi. Perlu reformasi moral yang dibangun kembali. Moralitas ini terlupakan, sehingga perlu diangkat lagi untuk menjadi ingatan kolektif kita bersama, sehingga kita yang bekerja tidak seperti mesin yang bekerja dari hari kehari dan kemudian kehilangan makna dari keberadaan kita,” tandasnya.

Nugroho
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6623 seconds (0.1#10.140)