Dukung Demokrasi Hong Kong

Kamis, 06 November 2014 - 17:35 WIB
Dukung Demokrasi Hong Kong
Dukung Demokrasi Hong Kong
A A A
HONG KONG - Pada saat China sedang berusaha menghapus mimpi demokrasi bagi Hong Kong, mantan gubernur Hong Kong asal Inggris Chris Patten justru mendukung pelaksanaan demokrasi di negara bekas koloni Inggris tersebut.

Berbeda dengan keinginan China yang menolak Hong Kong membangun kepemimpinannya sendiri, Patten justru meminta pemerintah Inggris untuk mendorong pengenalan demokrasi di Hong Kong. Sikap Patten sesungguhnya berbahaya. Gesekan antara China dan Inggris bisa membawa dampak negatif, terutama bagi kerja sama perdagangan antara kedua negara.

Namun , menurut Patten, Inggris tak perlu khawatir karena apa yang terjadi diyakini tidak akan memengaruhi hubungan Beijing dengan London, karena keduanya sudah terikat dengan perjanjian yang sudah ditandatangani pada 1997 silam kala Hong Kong diserahkan kepada China oleh Inggris.

“Satu-satunya kasus yang benar-benar membuat kami sulit berhubungan dengan China adalah pemilu yang demokratis, berdasarkan pemilihan yang adil. Mungkin seharusnya kami lebih eksplisit dengan pihak China,” kata Patten dilansir Channelnewsasia. Sejak dulu, Patten memang sangat memerhatikan demokrasi di Hong Kong. Ketika menjabat sebagai gubernur pada 1992-1997 silam, pria berusia 70 tahun itu banyak membuat perubahan pada roda politik Hong Kong.

Rini agustina
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6088 seconds (0.1#10.140)