Kapolri Ungkap 97 WNI Gabung ISIS di Suriah

Selasa, 04 November 2014 - 14:35 WIB
Kapolri Ungkap 97 WNI...
Kapolri Ungkap 97 WNI Gabung ISIS di Suriah
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Sutarman mengungkapkan ada 97 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang berangkat ke Suriah dan bergabung dengan Iraq and Syria Islamic State (ISIS). Dari puluhan orang tersebut, ada enam di antaranya sudah tewas di negara tersebut.

"Saya tahu ada 97 orang Indonesia berangkat ke Syria, belajar bom tapi untuk mengebom Indonesia, itu kan gendeng," ucap Sutarman dalam acara Rakornas Kabinet Kerja di Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (4/11/2014).

Meski menyebutkan spesifik jumlah WNI yang bergabung dengan ISIS, namun Sutarman tidak menjelaskan detail nama dan kapan WNI ini terbang ke Suriah. Hanya saja, Sutarman menambahkan 10 orang pejuang ISIS asal Indonesia telah kembali Tanah Air.

"Enam orang diketahui mati di Syria, katanya mati syahid. Tapi kalau saya yang jelas mati sangit (hangus)," tukas mantan Kabareskrim Polri ini disambut tawa para peserta Rakornas.

Selain Kapolri, dalam Rakornas Kabinet Kerja hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebagai tuan rumah, Menteri Bappenas Andrinof Chaniago dan Menteri Keuangan Bambang Brojonegoro. Hadir juga 33 gubernur seluruh Indonesia, antara lain Basuki Tjahaja Purnama, Ganjar Pranowo, Ahmad Heriawan dan Sri Sultan HB X.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)