Sandang Nama Kabinet Kerja, Jokowi Pikul Beban Berat

Senin, 27 Oktober 2014 - 10:12 WIB
Sandang Nama Kabinet Kerja, Jokowi Pikul Beban Berat
Sandang Nama Kabinet Kerja, Jokowi Pikul Beban Berat
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan 34 menteri kabinet yang akan membantunya dalam pemerintahan lima tahun mendatang. Jokowi menamai kabinetnya sebagai Kabinet Kerja.

Apa makna di balik Kabinet Kerja ini? Pengamat politik Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) said Salahudin mengatakan, pengambilan nama kabinet ini memang ingin menghindar dari wacana yang berkembang sebelumnya, yaitu Kabinet Trisakti.

"Jika memilih menggunakan nama kabinet Trisakti tentu akan memiliki konsekuensi tersendiri. Publik akan mencibir Jokowi jika dia tidak memilih menteri-menteri yang tidak diyakini memahami betul pinsip-prinsip Trisakti. Sehingga dipilih yang lebih soft," kata Said saat dihubungi Sindonews, Senin (27/10/2014).

Namun demikian, said menilai, dengan nama kabinet ini, Jokowi memiliki beban yang cukup berat. Pasalnya, rakyat akan selalu menilai apakah nama kabinet yang dibentuk mantan Wali Kota Solo itu menunjukkan bukti nyata atau tidak.

"Nama Kabinet Kerja adalah sebuah beban berat bagi Jokowi. Apabila dalam perjalanan waktu ternyata rakyat tidak melihat menteri bersungguh-sungguh bekerja, itu akan mendatangkan kritik luas dari masyarakat," kata Said.

Said menambahkan, para menteri Kabinet Kerja periode 2014-2019 ini juga perlu memberi bukti nyata hasil kerja mereka, baik secara fisik maupun aktivitas menteri yang bersangkutan itu sendiri.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8153 seconds (0.1#10.140)