Pratikno, Menteri yang Bekerja Sejak Kabinet Belum Diumumkan

Senin, 27 Oktober 2014 - 06:19 WIB
Pratikno, Menteri yang...
Pratikno, Menteri yang Bekerja Sejak Kabinet Belum Diumumkan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan 34 nama menteri Kabinet Kerja yang akan melaksanakan program pemerintahannya lima tahun ke depan, di Istana Negara, kemarin.

Di antara puluhan nama itu, terdapat satu menteri yang ternyata telah bekerja terlebih dulu sebelum nama menteri lainnya diumumkan. Dia adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Usut punya usut, istri dari Dra. Ec. Siti Faridah ini sempat datang dua kali ke Istana Merdeka untuk memenuhi panggilan dari Jokowi. Dia diminta untuk menyusun surat keputusan pengangkatan para menteri.

Pria yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta ini dikenal sebagai orang dekat Jokowi. Kedekatannya terjalin sejak kampanye pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 lalu.

Dia disebut-sebut tergabung dalam Tim Tiga, bersama pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Andrinof Chaniago dan pengamat politik dari UGM Cornelis Lay.

Salah satu tugas Tim Tiga adalah menfinalisasi arsitektur kabinet dan lembaga kepresidenan yang disusun oleh Tim Transisi di bawah Andi Widjajanto.

Pratikno lahir di Bojonegoro, 13 Februari 1962 memiliki gelar sarjana Ilmu Pemerintahan dari UGM. Gelar master jurusan Development Administration dia peroleh dari Birmingham University, Inggris.

Dia mendapat gelar doktor Political Science, dari Flinders University, Australia. Sementara itu, gelar profesor dia dapatkan dari UGM di bidang Ilmu Politik.

Pria berusia 52 tahun ini adalah pengajar di FISIP UGM dan sempat menduduki posisi Dekan FISIP UGM. Pratikno pernah menjadi tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu serta moderator debat Pilpres 2009.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7899 seconds (0.1#10.140)