Kabinet Kerja, Ekspektasi Tinggi Presiden Jokowi

Senin, 27 Oktober 2014 - 07:50 WIB
Kabinet Kerja, Ekspektasi Tinggi Presiden Jokowi
Kabinet Kerja, Ekspektasi Tinggi Presiden Jokowi
A A A
JAKARTA - Cara Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyusun Kabinet Kerja dinilai sangat bermakna. Kabinet Kerja merupakan ekspektasi tinggi Jokowi terkait kinerja yang akan dilakukannya ke depan.

Pemaknaan pertama mengenai penamaan kabinet. Penggunaan kata "Kerja" sebagai nama kabinetnya, merupakan ekspektasi Presiden Jokowi agar kabinetnya melakukan kerja.

"Itu tentu memiliki makna sangat aplikatif," kata Direktur Polcomm Institute Heri Budianto kepada Sindonews, Minggu 26 Oktober 2014 malam.

Pemaknaan kedua mengenai cara Jokowi memperkenalkan satu per satu menteri yang akan membantunya. Jokowi memaparkan secara singkat latar belakang dan harapannya terhadap menteri yang dipilihnya.

"Kadang ada menteri yang dipuji berlebihan, nah ini tentu menjadi beban jika ternyata menteri yang bersangkutan tersebut tidak mampu bekerja," pungkasnya.

Menyimak cara Presiden Jokowi mengumumkan dan memperkenalkan para menterinya, kata Heri, merupakan tradisi baru. Ini sangat berbeda dengan presiden-presiden sebelumnya.

"Kesan yang ingin dibangun santai dan natural, tapi substansi pernyataan tampak persiapan," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6265 seconds (0.1#10.140)