Pansel Nilai Roby Pantas Jadi Capim KPK

Kamis, 16 Oktober 2014 - 19:36 WIB
Pansel Nilai Roby Pantas Jadi Capim KPK
Pansel Nilai Roby Pantas Jadi Capim KPK
A A A
JAKARTA - Salah seorang anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pemimpin (Capim) KPK Rhenald Kasali menilai, Roby Arya Brata pantas lolos dua besar sebagai capim KPK, karena dia memiliki sejumlah keunggulan.

"Dia (Roby) juga punya intelektualitas yang kuat, bukan tipe yang mudah ditekan, atau kompromi," ujar Rhenald saat dihubungi wartawan, di Jakarta, Kamis (16/10/2014).

Lebih jauh Rhenald menyebutkan, pria yang berlatar Analis Hubungan Internasional dan Kebijakan Sekretariat Kabinet (Sekkab) itu, merupakan sosok yang independen dan memiliki pengetahuan yang cukup baik.

"Dia juga independen, berilmu," tandasnya.

Seperti diketahui, dari enam calon pemimpin KPK yang lolos uji profile assesment, menyisakan dua nama yakni Busyro Muqoddas dan Roby Arya Brata.

Busyro dinilai berpengalaman memahami aktivitas dan kebijakan KPK karena terdaftar sebagai wakil Ketua KPK. Sementara Roby dianggap cukup mumpuni karena latar belakangnya sebagai akademisi di bidang hukum.

Dari dua nama itu, KPK masih menunggu 'ketok palu' DPR untuk memutuskan mereka. Sebelumnya, kabar 'miring' menyelimuti salah satu calon pimpinan (capim) KPK, Roby Arya Brata. Roby dinilai dekat dengan kekuasan.

Pasalnya, Roby saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri Sekretariat Kabinet (Setgab) bentukan Pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8779 seconds (0.1#10.140)