Panglima TNI Lepas Pasukan Perdamaian ke Lebanon

Kamis, 16 Oktober 2014 - 19:02 WIB
Panglima TNI Lepas Pasukan Perdamaian ke Lebanon
Panglima TNI Lepas Pasukan Perdamaian ke Lebanon
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Moeldoko melepas keberangkatan Satgas Maritime Task Force Kontingen Garuda XXVIII-G/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Satgas MTF Konga XXVIII-G/UNIFIL pimpinan Letkol Laut (P) I Gung Putu Alit Jaya ini berkekuatan 100 personel TNI AL, terdiri dari 88 personel awak kapal perang, pilot dan tujuh personel kru Heli, perwira kesehatan, Kopaska, penyelam dan perwira intelijen serta perwira penerangan masing-masing satu orang.

Dalam sambutannya, Moeldoko mengatakan, misi ini merupakan misi ketuju bagi Indonesia, setelah Dewan Keamanan PBB memperpanjang mandat tugas UNIFIL hingga 31 Agustus 2015. Mandat itu berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 2172 tahun 2014.

"Resolusi tersebut mendorong negara anggota PBB untuk meningkatkan kemampuan Tentara Nasional Lebanon dan menegaskan pembentukan zona bebas senjata di Lebanon Selatan," kata Moeldoko di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (16/10/2014).

Moeldoko berpesan, prajurit yang sedang melaksanakan tugas operasi di lapangan harus selalu membekali diri dengan pengetahuan terkait role of engagement yang terkait dengan otoritas UNIFIL.

Peraturan itu, kata dia berguna untuk mengambil tindakan yang diperlukan di daerah operasi dan menghindari kerugian personel dan materil.

"Pahami aturan pelibatan, komando dan kendali komando CTF-448 guna menghindari kesalahpahaman antar unit tugas," kata Moeldoko.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0003 seconds (0.1#10.140)