Kesolidan KMP Diprediksi Segera Mencair

Kamis, 09 Oktober 2014 - 21:18 WIB
Kesolidan KMP Diprediksi...
Kesolidan KMP Diprediksi Segera Mencair
A A A
JAKARTA - Kesolidan Koalisi Merah Putih (KMP) yang telah berhasil merebut kursi pemimpin DPR dan MPR diprediksi akan segera mencair.

Peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS) Phillips Vermonte mengatakan, yang merekatkan enam partai politik pendukung KMP itu adalah pembicaraan seputar jatah kursi pimpinan parlemen.

"Jika pembicaraannya bergeser ke isu (program) strategis, mungkin itu akan mencair juga," kata Phillips di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Menurut Phillip, polemik di parlemen seperti saat ini pernah terjadi saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terpilih melalui pemilu presiden langsung pada 2004.

Demokrat yang saat itu belum menjadi partai dominan di parlemen, tidak bisa membendung perilaku kritis dari Partai Golkar dan PDIP yang berusaha menghambat pemerintahan SBY.

Angin politik berubah ketika Jusuf Kalla yang saat itu menjadi wakil presiden mendampingi SBY, terpilih menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Usaha mempersulit pemerintahan SBY pun usai.

"Jadi kita tidak perlu khawatir dengan kondisi ini," kata Phillips.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6405 seconds (0.1#10.140)