Aksi Aerobatik Pesawat Latih TNI AU Bentuk Pelangi

Selasa, 07 Oktober 2014 - 17:11 WIB
Aksi Aerobatik Pesawat Latih TNI AU Bentuk Pelangi
Aksi Aerobatik Pesawat Latih TNI AU Bentuk Pelangi
A A A
SURABAYA - Jupiter Aerobatic Team yang terdiri dari enam pesawat latih Jupiter milik TNI AU 'melukis' langit di atas perairan Selat Madura.

Selama kurang lebih 15 menit, enam pesawat Jupiter warna merah putih khas bendera kebangsaan Indonesia itu meliuk-liuk di atas udara, menghibur tamu undangan di upacara puncak HUT TNI ke-69 di Markas Koarmatim, Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/10/2014).

Di awal atraksi, secara berturut-turut enam pesawat latih itu bermanuver dengan membentuk formasi T, dan diamond. Setelah itu, dua dari enam pesawat melakukan loop hingga membentuk lambang hati di udara.

Simbol hati yang dilukis di atas langit perairan selat Madura itu merupakan bentuk tanda cinta TNI kepada rakyat.

Para tamu undangan juga sempat dibuat berdebar-debar saat dua pesawat Jupiter terbang melingkaran, sehingga pada satu titik keduanya saling berhadapan satu sam lainnya. Keduanya terlihat akan bertabrakan.

Namun dalam jarak yang tinggal beberapa meter, dua pesawat tersebut saling memutarkan badan pesawat dan berpapasan tanpa ada benturan sama sekali. Di akhir aksinya, keenam pesawat Jupiter berputar di awan dan terbang mendekat ke arah penonton.

Mereka terbang rendah membentuk formasi burung lalu menyebar ke enam arah seperti bom yang meledak di udara. Selain menampilkan Jupiter Aerobatic Team, TNI AU juga memamerkan ratusan pesawat tempurnya.

Ada Sukhoi Su27/30, F-16 Fighting Falcon, F-5 Tiget, Pesawat Super Tucano, dan Helikopter Apache. Di akhir parade alutsista TNI AU, ratusan pesawat membentuk formasi besar dan melakukan fly pass di depan panggung utama.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0700 seconds (0.1#10.140)