SBY Percaya Indonesia Akan Jadi Macan Asia

Selasa, 07 Oktober 2014 - 02:08 WIB
SBY Percaya Indonesia Akan Jadi Macan Asia
SBY Percaya Indonesia Akan Jadi Macan Asia
A A A
SURABAYA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut Indonesia mampu menjadi 'Macan' di Asia pada tahun 2024 mendatang. Cita-cita itu akan terwujud dengan syarat negara kepulauan ini memiliki militer yang berjiwa patriot dan profesional.

Hal tersebut seperti dipaparkan SBY di depan 23.000 prajurit TNI jelang perayaan puncak HUT TNI ke-69 di Markas Komando Armada Timur, Dermaga Ujung, Surabaya, Senin (6/10/2014).

SBY mengatakan, salah satu ciri militer yang profesional adalah dilengkapi dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang modern.

Hal tersebut, kata dia, telah dibuktikan dengan adanya modernisasi serta penambahan alutsista yang telah dilakukannya dalam kurun 10 tahun terakhir. Proyek modernisasi alutsista ini disebut-sebut telah menghabiskan anggaran negara kurang lebih sebesar Rp100 triliun rupiah.

"Langkah ini akan berlanjut hingga 2018. Ketika TNI sudah semakin kuat, program itu akan berlanjut hingga 2024, sehingga kita akan menjadi Macan di Asia," kata SBY.

Pada kesempatan tersebut, panglima tertinggi TNI itu juga mengatakan, bahwa momentum perayaan puncak HUT TNI besok, merupakan sebuah bentuk pertanggungjawaban TNI yang disebutnya telah berhasil mereformasi diri selama di bawah kepemimpinannya.

"TNI akan melaporkan tuntasnya reformasi yang kita lakukan sejak 15 tahun lalu. Insya Allah rakyat akan bangga atas kemajuan tentara," kata dia.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9432 seconds (0.1#10.140)