TNI Nilai Gubernur Punya Andil dalam Pertahanan Semesta

Selasa, 07 Oktober 2014 - 00:05 WIB
TNI Nilai Gubernur Punya Andil dalam Pertahanan Semesta
TNI Nilai Gubernur Punya Andil dalam Pertahanan Semesta
A A A
SURABAYA - Para gubernur seluruh Indonesia dinilai memiliki andil besar dalam penerapan doktrin pertahanan rakyat semesta. Sehingga pantas untuk dianugerahkan baret dan brevet kehormatan dari TNI.

Hal tersebut seperti disampaikan Panglima TNI Jenderal Moeldoko saat menganugerahkan baret dan brevet kehormatan kepada para gubernur, di Markas Koarmatim, Pelabuhan Ujung Surabaya, Jawa Timur, Senin (6/10/2014).

"Sistem pertahanan semesta maksudnya seluruh sumber daya yang ada dimanfaatkan untuk pertahanan," kata Moeldoko.

Menurut Moeldoko, para kepala daerah punya andil besar dalam penerapan sistem pertahanan rakyat semesta. Pasalnya, gubernur punya wewenang dalam pendayagunaan sarana prasarana di daerah.

Sistem ini, lanjut Moeldoko, akan menciptakan kestabilan di daerah. Pada akhirnya, keadaan yang stabil bakal memberi imbas bagi kesejahteraan.

"Sehingga perlu sinergitas antara TNI dan gubernur agar potensi yang ada dapat dikelola gubernur bersama TNI untuk pertahanan," kata dia.

Jenderal bintang empat itu menilai, penerapan sistem pertahanan semesta tidak bisa dilakukn tanpa adanya kerja sama antara TNI dengan para gubernur. Ia berharap sinergi yang telah terbangun dapat memperkuat sistem pertahanan semesta.

"Sehingga sistem pertahanan kita selain fisik, hard power, tapi juga detterent sehingga negara mana pun takut," kata Moeldoko.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8979 seconds (0.1#10.140)
pixels