TNI Siap Perang Melawan Narkoba

Senin, 22 September 2014 - 18:47 WIB
TNI Siap Perang Melawan Narkoba
TNI Siap Perang Melawan Narkoba
A A A
JAKARTA - TNI siap perang terhadap narkoba, kerena dinilai makin menjadi ancaman bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penyelundupan narkoba yang terus menerus masuk ke wilayah Indonesia jelas membutuhkan kerja sama dari seluruh pihak, termasuk juga dari unsur TNI terlebih Indonesia terdiri dari banyak pulau.

Kolonel Infanteri Afdoli mengatakan, saat ini narkoba merupakan musuh bangsa yang harus diperangi bersama. Pihaknya serius untuk memberantas narkoba.

"TNI sangat serius melihat persoalan penyalahgunaan narkoba," kata Afdoli dalam acara Focus Group Discussion ( FGD ) antara Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan anggota Pusbintal Mabes TNI, Jakarta, Senin (22/9/2014).

Menurut dia, diskusi ini bertujuan agar setiap anggota TNI dapat menjaga keluarganya dari penyalahgunaan narkoba. Kemudian, secara Institusi TNI dapat menerapkan aturan yang tegas dan tepat, apabila ada oknum prajurit TNI yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

"Faktanya penyalahgunaan narkoba dapat menyerang siapa saja, termasuk prajurit TNI. Oleh karena itu sebelum terlalu jauh, kita harus melakukan upaya pencegahan untuk melindungi mereka (prajurit) dari penyalahgunaan narkoba," paparnya.

Plt Deputi Pencegahan BNN Gun Gun Siswadi menambahkan, peran TNI sangat dibutuhkan dalam penanganan masalah narkoba. TNI sangat memahami persoalan penyalahgunaan narkoba di lapangan.

"Dengan memahami dampak penyalahgunaan narkoba saya harap TNI dapat bahu membahu menyelamatkan masyarakat Indonesia dari narkoba," ujar Gun Gun.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Hukum Deputi Bidang Hukum dan Kerjasama BNN, Darmawel Aswar. Menurutnya pada 2015 diharapkan Indonesia telah bebas dari penyalahgunaan narkoba.

"Untuk itu peran TNI sangat dibutuhkan karena untuk membuat masyarakat Indonesia bebas penyalahgunaan narkoba," terang Darmawel.

Selain itu, lanjut Darmawl, badan intelijen TNI juga diharapkan dapat meneruskan informasi bahaya penyalahgunaan narkoba di lingkungan TNI.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7201 seconds (0.1#10.140)