Bawaslu Anulir Suara Jokowi-JK di 2 Distrik Papua

Rabu, 13 Agustus 2014 - 18:20 WIB
Bawaslu Anulir Suara Jokowi-JK di 2 Distrik Papua
Bawaslu Anulir Suara Jokowi-JK di 2 Distrik Papua
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) heran terkait adanya perolehan suara di wilayah Distrik Mapia Barat dan Mapia Tengah, Papua, padahal tak pernah ada pemungutan suara.

"Tidak ada pemungutan suara berlangsung termasuk noken, ikat dan lainnya," ujar Komisioner Bawaslu, Nasrullah di Gedung MK, Jakarta, Rabu (13/8/2014).

Karenanya, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat pun meminta agar ada pemungutan suara di dua distrik itu. Namun, karena waktu yang dibutuhkan tidak mencukupi rekomendasi itu pun tak bisa dijalankan.

"Tetapi karena pertimbangan waktu dan sebagainya hal ini tidak bisa dilakukan," terangnya.

Persoalan ini pun berlanjut hingga rekapitulasi tingkat nasional, akan tetapi pada akhirnya semua pihak sepakat, untuk mengembalikan ke angka nol terkait perolehan suara di wilayah setempat.

Keputusan ini pun dapat diterima termasuk dari kubu calon presiden (capres) nomor urut dua Joko Widodo dan Jusuf Kalla (JK) yang harus kehilangan suara tersebut.

"Sayang seribu sayang (saksi) pasangan calon nomor satu walk out. (Tetapi) Bawaslu mengusulkan agar di nol kan karena tidak ada pemungutan suara di tempat itu. Sehingga pasangan calon nomor dua disepakati angka menolkan angka itu," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6384 seconds (0.1#10.140)