alexametrics

Atasi Kekerasan pada Anak Semua Elemen Harus Terlibat

loading...
Atasi Kekerasan pada Anak Semua Elemen Harus Terlibat
Atasi Kekerasan pada Anak Semua Elemen Harus Terlibat
A+ A-
JAKARTA - Ketua Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak (PA) Harist Merdeka Sirait mengatakan, selama ini orangtua tidak memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah kekerasan seksual yang terjadi pada anaknya.

Namun, negara terkesan melimpahkan semua masalah yang terjadi dan penyelesaianya hanya dilimpahkan pada orangtuanya. Menurut Harist, seyogyanya gerakan nasional antikejahatan pada anak harus melibatkan peran serta masyarakat mulai dari tingkat kelurahan dan kecamatan.



"Iya harusnya peran instrumen Presiden yang diinstruksikan bukan lintas kementerian. Tetapi dilakukan oleh tingkat yang paling bawah. Maka gerakan nasional ini tidak akan jalan hanya melibatkan bupati atau tingkat menteri," kata Harist di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (6/8/2014).

Ke depan diharapkan ada gebrakan yang dilakukan dalam menanggulangi kejahatan seksual pada anak, yang angkanya sudah hampir 62 persen kejahatan seksual yang dilakukan. Dan pelaku bukan hanya saja orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Kemudian melibatkan peran masyarakat yang paling dekat, seperti karang taruna dan kepala desa dalam memberikan arahan sosialiasi perlindungan kekerasan pada anak.

"Ke depan harus ada instruksi presiden berbasis masyarakat. Masyarakat dari tingkat bawah. Hal ini merupakan strategi pencegahan," tegasnya.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top