Tes CPNS Dimulai September

Rabu, 06 Agustus 2014 - 19:47 WIB
Tes CPNS Dimulai September
Tes CPNS Dimulai September
A A A
JAKARTA - Pemerintah akhirnya menetapkan jadwal tes seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS), akan dimulai pada 8 September 2014 mendatang. Sementara masa pendaftaran dibatasi hanya dua minggu, dimulai sejak 20 Agustus.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Azwar Abubakar mengatakan, pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dibuka mulai 20 Agustus hingga 3 September.

Sedangkan pelaksanaan tesnya di instansi pemerintah maupun daerah akan dimulai pada 8 September secara bertahap hingga selesai.

"Sesuai dengan surat edaran saya pendaftaran akan dilakukan secara online atau single entry melalui portal panselnas. Semua instansi pemerintah dapat dilamar oleh semua masyarakat melalui sistem ini," kata Azwar berdasarkan siaran pers, Jakarta, Rabu (6/8/2014).

Menurut Azwar, meski masa pendaftaran hanya dua minggu namun dirasa cukup mengakomodasi. Pasalnya, pendaftar cukup mengisi formulir di laman, tanpa perlu mengurus surat-surat seperti tahun lalu.

Surat yang dimaksud ialah SKCK, surat keterangan sehat dan juga kartu kuning yang terkadang memakan waktu lama. Dia mengatakan, persyaratan administratif itu dibutuhkan ketika pelamar sudah resmi diterima di suatu instansi pemerintah.

Sebelumnya, direncanakan pengumuman lowongan formasi CPNS tahun 2014 akan diumumkan tanggal 18-29 Agustus. Namun dia menerangkan, hingga pekan lalu baru ada 34 instansi yang sudah menyampaikan syarat pendaftaran CPNS.

Kemen PANRB sendiri meminta, agar instansi yang belum menyerahkan persyaratan dan lowongan formasinya, segera menyerahkan paling lambat tanggal 8 Agustus, sehingga jadwal yang sudah diumumkan tidak berubah.

"Sesuai jadwal yang ada maka TKD (Tes Kompetensi Dasar) akan memakai CAT pada 8 September. Lalu dilanjukan dengan TKB (tes kompetensi bidang) bagi yang lulus passing grade TKD," terangnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6491 seconds (0.1#10.140)