Pemungutan Suara Ulang Digelar di Bantul

Minggu, 13 Juli 2014 - 18:51 WIB
Pemungutan Suara Ulang Digelar di Bantul
Pemungutan Suara Ulang Digelar di Bantul
A A A
YOGYAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta mengelar kembali pencoblosan di tiga tempat pemungutan suara (TPS) di Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakata (DIY) pada Minggu (13/7/2014)

Alasan KPU menggelar pemilu ulang karena di daerah itub anyak mahasiswa luar daerah yang menggunakan hak pilihnya pada 9 Juli lalu tanpa menggunakan formulir A-5. Mereka hanya menyertakan KTP sesuai alamatnya.

Komisioner KPU DIY, Guno Tri Tjahjoko mengatakan para mahasiswa itu memaksa untuk dapat menggunakan hak pilihnya di TPS. Keinginan itu membuat petugas KPPS kewalahan, dan memperbolehkan para mahasiswa mencoblos tanpa A5.

"Ya karena tidak sah, maka perlu dilakukan pencoblosan ulang tiga TPS di Ngestiharjo, Bantul," kata Guno, Minggu (13/7/2014).

Guno menyampaikan, seharusnya jika ingin mencoblos dari luar daftar pemilih tetap (DPT), para pemilih tambahan tersebut mengurus A5 terlebih dahulu.

"Tapi mereka tetap ngotot untuk nyoblos. Tapi, dengan menunjukan KTP asal luar wilayah tidak diperbolehkan sesuai aturan KPU," tuturnya.

‪Pencoblosan ulang itu terjadi di TPS 3 Green Garden, TPS 53 dan 54 Sonopakis Lor, Ngestiharjo, Bantul. Dia menyebut, kebutuhan logistik sudah mencukupi dengan mengambil logistik cadangan di Kabupaten Bantul.

"Logistik aman, mencukupi dengan mengambil cadangan 1.000 surat suara pemungutan suara ulang," katanya.

Dia menyebut KPU membutuhkan 1.299 surat suara. Rinciannya, DPT TPS 3 membutuhkan 455 surat suara, TPS 53 ada 388, dan TPS 54 ada 456.

"Yang 1.000 diambil dari KPU Bantul, sisanya 299 diambilkan dari KPU Kota Yogya yang tidak terpakai," katanya.

Sebelumnya, pencoblosan ulang juga dilakukan di wilayah Sedayu, Kulonprogo. Satu TPS melakukan pencoblosan ulang pada Sabtu, 12 Juli kemarin. (Prabowo)
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5174 seconds (0.1#10.140)