Tokoh Agama Berkumpul Ingatkan KPU dan Bawaslu

Kamis, 10 Juli 2014 - 15:38 WIB
Tokoh Agama Berkumpul Ingatkan KPU dan Bawaslu
Tokoh Agama Berkumpul Ingatkan KPU dan Bawaslu
A A A
JAKARTA - Sejumlah pimpinan dan tokoh lintas agama menyikapi hasil pemilihan presiden yang telah berakhir 9 Juli kemarin, di Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Para tokoh lintas agama mengumumkan, pelaksanaan pemilu presiden secara umum berlangsung dengan aman, damai dan tertib. Oleh karena itu, keberhasilan tersebut harus tetap terjaga sampai Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan pemenangnya.

"Keberhasilan pilpres 2014 adalah kemenangan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk menegakkan demokrasi," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin di kantornya, Jakarta, Kamis (10/7/2014).

Para tokoh lintas agama ini juga meminta penyelenggara pemilu, yakni Komisi Pemilhan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bekerja secara profesional.

Menurut Din, keputusan terakhir untuk memastikan siapa yang layak menjadi presiden dan wakil presiden sedang bergulir di KPU.

Para pimpinan organisasi masyarakta dan tokoh lintas keagamaan meminta KPU dan Bawaslu jujur, adil, bertanggung jawab, profesional, transparan dan tepat waktu seperti yang dijanjikan KPU, yakni tanggal 22 Juli mendatang.

"Menghindari segala bentuk kecurangan dan bebas dari tekanan pihak manapun sehingga keputusan resmi tentang pemenang pilpres dapat diumumkan dan diterima oleh rakyat Indonesia," tutur Din.

Selain Din Syamsudin, Pimpinan Ormas dan tokoh lintas agama yang hadir antara lain, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Slamet Effendy Yusuf, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) M Iqbal Sullam, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Andreas Q Yewangoe dari PGI, Direktur Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Filsafat (STF) Driyarkara, Franz Magnis Suseno, Sekretaris Parisada Hindu Dharma Indonesia, Nyoman Udayana, serta tokoh lainnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7674 seconds (0.1#10.140)