Pemilu Susulan di 14 Distrik Yahukimo Terkendala Cuaca

Kamis, 10 Juli 2014 - 13:53 WIB
Pemilu Susulan di 14...
Pemilu Susulan di 14 Distrik Yahukimo Terkendala Cuaca
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) gagal mengirim logistik surat suara ke 14 distrik (kecamatan) di Kabupaten Yahukimo, Papua lantaran terkendala suasana ektrim hari ini. Padahal di 14 distrik tersebut harus dilakukan pemungutan suara susulan.

Menurut Komisioner KPU Arief Budiman, tadi pagi rencananya logistik segera dikirim ke Yahukimo. Namun, karena terhalang cuaca yang tidak memungkinkan, KPU daerah setempat memutuskan membatalkan pengiriman tersebut.

"Jadi enggak bisa diberangkatkan sampai siang ini. Saya enggak tahu nanti sore masih bisa diberangkatkan atau tidak," ujar Arief di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (10/7/2014).

Arief mengatakan, untuk pemilu susulan di 14 Distrik Yahukimo, pihaknya meminta dilakukan secepatnya. Pasalnya, agar tak mengganggu proses rekapitulasi berjenjang.

Dia berharap, pemilu susulan tidak sampai masuk rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan di tingkat kabupaten atau kota. "Kalau enggak maka waktu yang di kecamatan harus dipangkas, enggak boleh tiga hari," katanya.

Arief melanjutkan, pihak KPU setempat tidak mempunyai alternatif lain untuk mengirim logistik tersebut dengan menggunakan transportasi udara. Menurutnya, jika ditempuh dengan transportasi darat, maka hal itu dinilai tidak memungkinkan.

"Sampai hari ini belum ada permohonan kalau dikirim via darat. Karena kalau dilihat dari medannya itu enggak mungkin lewat darat tapi harus via udara," tungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)