Akun Twitter Tim Prabowo-Hatta Di-hack

Minggu, 06 Juli 2014 - 01:08 WIB
Akun Twitter Tim Prabowo-Hatta Di-hack
Akun Twitter Tim Prabowo-Hatta Di-hack
A A A
JAKARTA - Akun Twitter resmi Polonia Issu Centre (PIC) milik Tim Prabowo-Hatta di Polonia, @UpdatePolonia, di-hack oleh orang tidak bertanggung jawab.

Direktur Media dan Komunikasi Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Budi Purnomo mengatakan, akun tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi sejak pukul 18.45 WIB, Sabtu 5 Juli.

Akun @UpdatePolonia diplot dan memposisikan diri sebagai akun yang aktif menangkis serangan hitam yang akhir-akhir ini gencar menyerang pribadi Prabowo-Hatta.

Budi menuturkan, dua hari sebelumnya, Chief Admin @UpdatePolonia sekaligus Koordinator PIC Mustofa B Nahrawardaya sempat mengkhawatirkan akan adanya serangan lawan, mengingat hari "H" pecoblosan dan batas waktu kampanye terbuka mulai di ambang waktu.

"Serangan yang diduga dilakukan secara terstruktur ini sudah sangat terasa, karena hanya dalam dua hari. Ratusan akun anonim sudah mencoba lakukan block and ROS (Report of Spam). Meski berbagai upaya preventif sudah dilakukan, namun jebol juga. Menjelang batas kampanye, akun tersebut akhirnya tak dapat digunakan," ujarnya.

Intensitas serangan sendiri mulai terasa, sejak PIC mengumumkan keberadaan akun @UpdatePolonia beberapa hari silam. Sejak di-publish ke timeline, berbagai upaya hacker dan volunteer kubu lawan tidak henti-hentinya melakukan ROS terhadap akun itu. Bahkan mereka melakukan koordinasi terbuka melalui timeline.

"Dalam sehari, lebih dari 500 akun liar yang diduga dikelola oleh tim gelap, melakukan mention serangan. Sementara, black campaign traffic yang dilakukan dengan mengirim pesan permusuhan, fitnah, dan gambar-gambar porno hampir terjadi setiap menit," kata Budi.

Belum lagi bom tweet yang sengaja dilakukan untuk mengulur waktu aktif akun agar bisa diserang block dan ROS, lanjut Budi, dilakukan setiap siang dan malam hari tanpa mengenal waktu.

Dengan kondisi itu, admin @UpdatePolonia tidak lagi diberi kesempatan untuk bisa bekerja secara maksimal. Karena harus menghapus, maupun action over scroll di TL yang memakan banyak waktu dan tenaga.

"Fitnah terhadap Prabowo maupun Hatta, hingga kampanye hitam dalam bentuk lain, terus dilakukan tanpa bisa dilakukan klarifikasi menggunakan akun resmi PIC," ungkapnya.

Sebagai ganti sementara, klarifikasi dan penahan serangan kampanye hitam dari Polonia, salah satunya dilakukan melalui akun pribadi Chief Admin, @MustofaNahra. Namun jika sudah bisa aktif, maka akan dilakukan kembali melalui akun @UpdatePolonia.

Sayangnya Minggu 6 Juli sudah tidak bisa lagi dilakukan, karena KPU menetapkan kampanye Capres Cawapres hanya bisa dilakukan hingga tanggal 5 Juli 2014. "Untuk menghormati masa tenang, akun resmi @UpdatePolonia, juga tidak akan melakukan kampanye di Twitter," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5792 seconds (0.1#10.140)