Di Debat Cawapres, JK Dinilai Over Confidence

Senin, 30 Juni 2014 - 19:50 WIB
Di Debat Cawapres, JK Dinilai Over Confidence
Di Debat Cawapres, JK Dinilai Over Confidence
A A A
JAKARTA - Pujian terhadap calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1 Hatta Rajasa saat debat antar cawapres terus bertambah. Hatta pun dinilai lebih siap mengikuti debat itu dibandingkan lawannya Jusuf Kalla (JK)

"Kalau saya lihat, yang namanya Hatta persiapan bagus, dia tidak hanya konten, tetapi bagaimana dia tampil. Kayaknya dia (cukup) istirahat," ujar Psikolog dari Universitas Indonesia (UI) Dewi Haroen di Eatology Cafe, Jakarta Pusat, Senin (30/6/2014).

Dewi meyakini hampir semua masyarakat sebelumnya meragukan kemampuan Hatta untuk berdebat dengan JK yang juga mantan Wakil Presiden (Wapres) RI tersebut.

"Terus terang orang under estimate dengan beliau saat debat, tetapi (Hatta) persiapannya bagus, konten sudah siap termasuk menjawab pertanyaan JK," terangnya.

Mengenai penampilan JK dalam debat cawapres yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini, Dewi berpendapat yang bersangkutan terlalu percaya diri bisa melebihi Hatta.

Akan tetapi, politikus Partai Golkar ini tak memperhatikan latar belakang Hatta yang merupakan mantan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) sehingga paham betul mengenai tema pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan IPTEK itu.

"JK terlalu over confidence merasa sering tampil dalam debat, tapi dia lupa (tema debat) ini lahannya Hatta," lanjutnya. Terakhir, Dewi berpendapat bahwa dalam debat itu JK memahami untuk tidak melontarkan pernyataan atau pertanyaan yang menyerang.

Pasalnya, JK paham sikap demikian justru akan merugikannya. Belum lagi pola komunikasi Hatta yang santun setiap menjawab atau memberikan pernyataan untuk JK.

"Itu membuat JK ngapain nyerang. Psikologis orang Indonesia tidak mungkin menyerang di muka umum. Jadi, (JK) hanya masalah kesiapan, dan over confidence buat psikologis Pak JK turun," tuntasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6012 seconds (0.1#10.140)