Menhan: Tank Leopard Penting untuk Jaga Perbatasan

Selasa, 24 Juni 2014 - 14:15 WIB
Menhan: Tank Leopard Penting untuk Jaga Perbatasan
Menhan: Tank Leopard Penting untuk Jaga Perbatasan
A A A
JAKARTA - Pembelian tank asal Jerman, Leopard, dikatakan telah melalui penelitian kebutuhan oleh TNI Angkatan Darat. Tank ini dibutuhkan untuk menjaga pertahanan Indonesia di perbatasan darat.

Sehingga main battle tank Leopard sangat penting keberadaannya bagi pertahanan Indonesia.

"Karena, kita ada tiga perbatasan darat. Perbatasan darat kita kan bersatu dengan Malaysia, Papua Nugini," ujar Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di halaman Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/6/2014).

Untuk itulah, pembangunan kekuatan pertahanan di perbatasan itu sangat diperlukan. Terutama jika ada serangan atau agresi melalui perbatasan darat dari negara lain.

"Prinsip negara kita, kita tidak akan menyerang. Tapi kita akan mempertahankan diri terhadap serangan dari luar," ungkapnya.

Kendati demikian, lanjut Menhan, tidak hanya perbatasan darat saja yang ditingkatkan oleh Indonesia. Namun pengembangan kekuatan pertahanan di laut.

Hal demikian dikatakan Purnomo menanggapi pernyataan calon presiden nomor urut dua Joko Widodo (Jokowi) yang mengaku tidak setuju dengan pengadaan tank Leopard karena bisa merusak jalan dan jembatan dengan berat 63 ton.

Seperti diketahui, pada debat capres putaran ketiga, capres nomor urut dua Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak setuju dengan pengadaan tank Leopard.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5917 seconds (0.1#10.140)