Kesejahteraan Jadi Masalah Utama Bangsa Indonesia

Kamis, 19 Juni 2014 - 13:21 WIB
Kesejahteraan Jadi Masalah Utama Bangsa Indonesia
Kesejahteraan Jadi Masalah Utama Bangsa Indonesia
A A A
JAKARTA - Dua sisi utama yang menonjol dalam permasalah bangsa Indonesia yang pertama adalah kesejahteraan. Pernyataan itu dikemukakan pengamat politik Universitas Pajajaran (Unpad), Obsatar Sinaga.

Menurutnya, masyarakat Indonesia sudah ditipu oleh pemerintah. Untuk itu, presiden yang akan datang harus mampu menciptakan civil society.

"Menteri ekonomi mengatakan 6,5 persen laju perekonomian meningkat katanya. Kalau kita lihat secara nyata, pembangunan udara, jalan dan lainnya kualitas rendah. Belum lagi yang disunat untuk korupsi," kata Obsatar Sinaga dalam diskusi di Restoran Horapa, Menteng, Jakarta, Kamis (19/6/2014).

Dia menuturkan, sumber daya pangan dan energi Indonesia sangatlah krisis. Seperti penyediaan listrik yang belum memadai dan penduduk miskin di wilayah desa.

Contohnya masyarakat desa yang berprofesi sebagai nelayan, hasil nelayan sudah dipotong oleh mafia. Jika pemerintah tidak bisa memutus mavia, nelayan akan tetap menjadi miskin.

"Belum lagi masalah devisit neraca pembayaran. Sampai hari ini neraca pembayaran terus menurun. Kinerja ekspor kita turun," ucapnya.

Dia mengatakan, pemimpin yang akan datang harus bisa memecahkan beberapa masalah seperti, membenahi infrastruktur, harus bisa diterima oleh negara tetangga, dapat menangani korupsi, dan dapat memotong mafia distribusi barang.

Obsatar melanjutkan, pemimpin untuk periode lima tahun ke depan harus dapat membuat sekolah dan kesehatan di desa gratis, menciptakan distribusi yang handal, mengembangkan tourism dan memecahkan masalah ekonomi di desa.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7992 seconds (0.1#10.140)