Penting Bawaslu Panggil Hadar Klarifikasi Pertemuan Menteng

Jum'at, 13 Juni 2014 - 08:40 WIB
Penting Bawaslu Panggil Hadar Klarifikasi Pertemuan Menteng
Penting Bawaslu Panggil Hadar Klarifikasi Pertemuan Menteng
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dinilai harus memanggil Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay terkait pertemuannya dengan Timses Jokowi-JK Trimedya Panjaitan dan petinggi Polri Budi Gunawan.

"Saya kira Bawaslu juga perlu memanggil Hadar Gumay untuk diklarifikasi," ujar Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Zaki Mubarak ketika dihubungi Sindonews, Jumat (13/6/2014).

Menurutnya, hal itu penting dilakukan untuk melakukan klarifikasi agar tidak menimbulkan kecurigaan ada kongkalikong antara KPU dengan salah satu pasangan capres-cawapres. Selain itu, Bawaslu perlu mengingatkan KPU agar menjunjung tinggi independensinya sebagai penyelenggara pemilu.

"Alasan bahwa pertemuan itu hanya kebetulan, tidak menghilangkan kecurigaan publik kemungkinan adanya main mata. Apalagi menurut Hadar sendiri sempat muncul kata titip-menitip di pertemuan," jelasnya.

Karena itu, tambah Zaki, Bawaslu perlu segera merespons dengan cepat isu ini supaya segala sesuatunya terang-benderang. "Kalau Bawaslu lamban maka kepercayaan publik juga merosot pada lembaga ini. Jangan sampai muncul persepsi masyarakat bahwa Bawaslu bersikap tebang pilih," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7932 seconds (0.1#10.140)