Semua Jurusan Punya Kesempatan Daftar CPNS

Selasa, 10 Juni 2014 - 04:59 WIB
Semua Jurusan Punya Kesempatan Daftar CPNS
Semua Jurusan Punya Kesempatan Daftar CPNS
A A A
JAKARTA - Pemerintah memberikan kuota lima persen bagi mahasiswa semua jurusan, untuk mendaftar di seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Mereka tidak akan dibedakan dari kampus atau jurusan favorit tertentu.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Azwar Abubakar mengatakan, kuota lima persen ini untuk memberikan kesempatan bagi para sarjana yang jurusannya tidak ada di dalam formasi untuk menempati jabatan tertentu.

“Gagasan ini diinspirasi dari penerimaan pegawai di bank. Bahkan ada lulusan tehnik nuklir yang notabene bukan jurusan ekonomi namun dia sukses menjadi direktur utama sebuah bank BUMN,” kata Azwar dalam siaran pers yang diterima KORAN SINDO, Senin 9 Juni 2014.

Mantan Plt Gubernur NAD ini menjelaskan, di bank-bank terkemuka setelah pegawai beda jurusan ini diterima mereka akan mendapatkan pelatihan. Menteri sendiri merujuk system penerimaan pegawai seperti di Bank Mandiri, City Bank dan Bank BNI.

Maka dari itu, jelasnya lima persen CPNS yang beda jurusan, akan menjalani pelatihan intensif sebelum mereka bekerja normal. Di pihak lain, ujarnya, pemerintah memahami ada beberapa jurusan yang tidak ada formasinya.

Maka dari itu, tahun ini tetap ada formasi untuk jabatan fungsional tertentu dan akan dibuka formasi untuk semua jurusan. "Jumlahnya memang tidak banyak. Maksimal lima persen dari semua formasi. Jangan sampai mereka bilang, lulusan ini kok tidak ada formasinya," ungkapnya.

Azwar menyatakan, penetapan formasi per jurusan dan per daerah akan dimulai pada pertengahan Juni. Tahap selanjutnya akan diumumkan lowongan kepada publik. Sedangkan pelaksanaan pendaftaran dan test kompetensi dasar akan diselenggarakan pada pertengahan Julia atau setelah pemilihan presiden.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6744 seconds (0.1#10.140)