Bawaslu Akan Mengkaji Klarifikasi Hatta

Kamis, 05 Juni 2014 - 14:41 WIB
Bawaslu Akan Mengkaji Klarifikasi Hatta
Bawaslu Akan Mengkaji Klarifikasi Hatta
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan mengkaji hasil klarifikasi dari calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu, Hatta Rajasa.

Hal ini terkait dengan dugaan pelanggaran kampanye pemilu, di luar jadwal kampanye yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kami (Bawaslu) akan melakukan kajian atas jawaban itu (klarifikasi Hatta)," kata Ketua Bawaslu Muhammad kepada wartawan, usai meminta klarifikasi dari Hatta di Kantor Bawaslu, Jakarta, Kamis (5/6/2014).

Muhammad menjelaskan, kajiannya nanti terkait dengan keterangan yang telah diberikan oleh Hatta beserta bukti-bukti lainnya. Apakah di antaranya ada yang memenuhi unsur-unsur kampanye atau tidak. "Ada penyampaian visi dan misi, itu yang kita minta di dalam acara itu," jelasnya.

Menurut Muhammad, dugaan pelanggaran yang ditujukan kepada Prabowo-Hatta, dikarenakan oleh adanya dugaan visi, misi, dan program di luar masa kampanye yang telah ditetapkan oleh KPU.

Tepatnya, penyampaian visi, misi di acara internal Partai Demokrast. Di mana Prabowo-Hatta diundang oleh elite Demokrat. Untuk hasilnya, lanjutnya, tentu tidak bisa dijawab sekarang karena, masih dalam penanganan.

Selain itu, Bawaslu juga sudah mengundang Demokrat sebagai tuan rumah untuk melakukan klarifikasi. "Pada waktunya nanti akan kita sampaikan rekomendasinya," tandasnya.

Dalam pertemuan tertutup yang berlangsung selama kurang lebih satu jam itu, Bawaslu mengajukan sebanyak 21 pertanyaan kepada Hatta Rajasa.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6444 seconds (0.1#10.140)
pixels