Waspadai Politik Uang Jelang Pilpres

Selasa, 27 Mei 2014 - 22:34 WIB
Waspadai Politik Uang Jelang Pilpres
Waspadai Politik Uang Jelang Pilpres
A A A
PALEMBANG - Praktik politik uang dikhawtirkan terjadi pada Pemilihan Presiden 9 Juli mendatang. Berbeda dengan pemilihan legislatif, praktik politik uang lebih mengintai penyelenggara pemilu.

Pengamat Politik Universitas Sriwijaya (Unsri) Joko Siswanto berpendapat politik uang sulit dihilangkan dalam setiap perhelatan pemilihan. Menurut dia, pelaku politik uang melibatkan perorangan, kelompok dan penyelenggara.

“Kalau pilpres mendatang peluang terjadinya politik uang besar kepada pihak penyelenggara. Kalau pribadi kecil kemungkinannya karena seberapa besar uang yang harus dikeluarkan oleh kandidat capres,” ungkap Joko, Selasa (27/5/2014).

Dia mengimbau penyelenggara pemilu untuk memperbaiki penyelenggraan pemilu. “Tinggal bagaimana penyelenggara itu dalam hal ini KPU dan tingkatan di bawahnya untuk menepis politik uang,” katanya.

Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel, Kurniawan mengakui sudah memiliki formulasi untuk mencegah terjadinya praktik politik uang pada pilpres. “Formulasi berupa pengetatan pengawasan untuk di bawah sesuai tingkatannya. Dengan pengawasan inimereka takut untuk berbuat atau bermain dalam pemilu,” katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6223 seconds (0.1#10.140)