Poros kolisi ketiga mencuat di Rapimnas Golkar

Minggu, 18 Mei 2014 - 13:52 WIB
Poros kolisi ketiga mencuat di Rapimnas Golkar
Poros kolisi ketiga mencuat di Rapimnas Golkar
A A A
Sindonews.com - Saat ini, terdapat dua poros koalisi yakni, poros Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan poros Partai Gerindra.

Untuk poros koalisi baru sendiri, hal itu mencuat dalam opsi di Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-VI Partai Golkar. Jika terwujud, maka Golkar akan berkoalisi dengan Partai Demokrat.

"Hasil komuikasi politik yang dilakukan, ada tiga arus atau poros yakni, PDIP dengan capres Jokowi, Gerindra dengan capres Prabowo, dan ketiga, kemungkinan terbentuknya koalisi baru," kata Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham, dalam konferensi persnya di sela-sela Rapimnas ke-VI di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (18/5/2014).

Menurut Idrus, sebagai bagian dari Tim 6 yang bertugas untuk menganalisa berbagai opsi-opsi politik. Dia mengakui telah menederhanakan pilihan koalisi menjadi tiga poros, termasuk pada poros koalisi baru tersebut.

Tim 6 juga mengajukan nama Aburizal Bakrie-Pramono Edhie Wibowo sebagai capres-cawapres yang diusung. "Ada kemungkinan terbentuknya poros baru Gokar-Demokrat, tapi itu masih sekadar usulan," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Rapimnas ini dilakukan guna menjajaki kemungkinan bentuk dan arah koalisi yang akan diambil oleh Golkar dengan mempertimbangkan kalkulasi dan peta politik yang berkembang. Serta capres dan cawapres yang akan diusung bersama dengan koalisi nanti.

"Kami ingin berkoalisi untuk memenangkan pilpres 9 Juli 2014 mendatang," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8014 seconds (0.1#10.140)