KPU Tana Toraja segera tetapkan anggota DPRD terpilih

Minggu, 11 Mei 2014 - 11:20 WIB
KPU Tana Toraja segera tetapkan anggota DPRD terpilih
KPU Tana Toraja segera tetapkan anggota DPRD terpilih
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, akan menetapkan anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja terpilih hasil pemilihan legislatif (pileg) 9 April 2014, besok.

"Besok, KPU Tana Toraja akan melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penetapan kursi partai politik dan calon anggota DPRD terpilih hasil pileg 9 April lalu," ujar Ketua KPU Tana Toraja Rizal Randa, dalam diskusi Pendidikan Politik bagi Mahasiswa dan Pelajar yang dilaksanakan Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Tana Toraja di Kedai Coffee Art Makale, Minggu (11/5/2014).

Rizal mengatakan, penetapan calon anggota DPRD terpilih berdasarkan suara terbanyak setelah penentuan bilangan pembagi pemilih (BPP) per daerah pemilihan (dapil) dan jumlah kursi berdasarkan jumlah suara pemilih yang diperoleh masing-masing partai politik. Penetapan perolehan kursi partai politik dan calon anggota DPRD Tana Toraja mengacu pada hasil penghitungan perolehan suara di tingkat kabupaten yang sudah dilaksanakan April lalu.

Jumlah calon anggota DPRD terpilih hasil pileg 9 April 2014 yang akan ditetapkan dalam rapat pleno KPU itu sebanyak 30 orang, sesuai dengan alokasi kursi di DPRD Tana Toraja. Meski jumlah kursi dan calon terpilih sudah ditetapkan, KPU memberikan kesempatan kepada partai politik yang tidak puas dengan hasil Pileg 2014 untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). "Kalau tidak puas dengan hasil Pileg 2014, parpol dipersilakan mengajukan gugatan ke MK paling lambat tiga hari setelah penetapan perolehan jumlah kursi parpol dan caleg terpilih," jelas Rizal.

Rizal mengatakan, rapat pleno penetapan jumlah kursi partai politik dan caleg terpilih akan diikuti oleh penyelenggara pemilu di Kabupaten Tana Toraja. Rapat pleno itu juga dihadiri oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), pimpinan dan pengurus partai politik serta semua pihak yang terkait. KPU juga akan melibatkan aparat TNI/Polri untuk pengamanan pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi

"Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan rapat pleno, kami melibatkan personel polisi dan TNI untuk pengamanan," katanya.

Kepala Kantor Kesbangpol Linmas Tana Toraja Army Lenggo dalam diskusi tersebut memberikan apresiasi kepada KPU atas penyelenggaraan Pileg 2014 di Kabupaten Tana Toraja yang berjalan aman dan lancar. Berdasarkan data Kesbangpol Linmas Tana Toraja, partisipasi pemilih dalam pemilihan calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Tana Toraja mencapai 76,20 persen, lebih tinggi dari Pemilihan Legislatif 2009 yang sebesar 70 persen.

Pemilih yang menggunakan hak pilihnya di 561 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tana Toraja sebanyak 126.251 pemilih atau 76,20 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebesar 165.674 pemilih. Sementara, jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya saat pemungutan suara pemilihan legislatif 2014 sebesar 39.423 pemilih.

"Penyelenggaraan Pileg 2014 di Kabupaten Tana Toraja berjalan aman dan lancar. Itu berkat kerja sama yang baik antara penyelenggara, panwaslu, pemerintah, masyarakat, dan aparat keamanan," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6015 seconds (0.1#10.140)