Indonesia belum merdeka dari narkoba

Sabtu, 10 Mei 2014 - 16:15 WIB
Indonesia belum merdeka dari narkoba
Indonesia belum merdeka dari narkoba
A A A
Sindonews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) terus gencar memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya narkoba. BNN menegaskan narkoba bisa merusak generasi muda.

"Kita ini belum merdeka dari narkoba," ungkap Kepaka Seksi Media Tradisional Deputi bidang Pencegahan BNN Ahmad Soleh dalam diskusi dengan warga Kalipasir Eretan, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta melalui siaran pers yang diterima Sindonews, Sabtu (7/5/2014).

Dia menilai kerap ada pendapat masyarakat yang keliru tentang narkoba. Dia mengakui ada narkotika yang diizinkan namun hanya untuk keperluan medis dan riset.

Menurut Ahmad, yang berbahaya ialah penyalahgunaan narkotika oleh semua kalangan. Oleh karena itu perlu pengetahuan untuk mengenali narkotika.

"Barang haram ini ditawarkan tidak hanya dari orang yang tidak kita kenal saja tapi terkadang dari orang terdekat kita, maka perlu kita bekali setiap individu agar tidak terjebak dalam penyalahgunaan," tuturnya.

Ahmad juga menjelaskan perlunya pendidikan sejak usia dini sehingga semua masyarakat bisa mengenal dan menghindari penyalahgunaanjenis-jenis narkotika dan psikotropika.

Selain itu, dirinya juga menegaskan peran keluarga dan masyarakat yang tidak kalah penting untuk mewujudkan lingkungan sehat yang terbebas dari penyalagunaan narkoba.

"Perlu kesepakatan bersama untuk menjaga dan membebaskan lingkungan bebas dari pengaruh kejahatan narkoba. Hal yang perlu menjadi perhatian utama adalah pencandu yang dipenjara, karena BNN mengangap pecandu itu sebagai korban dan mereka berhak untuk pulih, jadi mereka harus direhabilitasi," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7760 seconds (0.1#10.140)