Figur capres itu- itu saja, pilihan publik terbatas

Rabu, 07 Mei 2014 - 17:16 WIB
Figur capres itu- itu saja,  pilihan publik terbatas
Figur capres itu- itu saja, pilihan publik terbatas
A A A
Sindonews.com - Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto hampir pasti menjadi kandidat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Keduanya diperkirakan menjadi sosok yang bakal ditawarkan ke publik pada perhelatan yang digelar Juli mendatang.

Menurut Direktur Freedom Institute, Luthfi Assyaukani, Jokowi dan Prabowo merupakan sosok yang memiliki keterpilihan tinggi berdasarkan popularitas. Namun belum teruji bisa memimpin Indonesia.

"Kami punya harapan tinggi tapi disuguhkan dengan politik yang pahit. Stok capres, nama-nama yang beredar dan elektabilitasnya tinggi tidak pernah berubah," kata Luthfi saat diskusi politik di Galeri Cafe, TIM, Jakarta, Rabu (7/5/2014).

Pada pilpres mendatang, kata dia, publik suka tidak suka harus menerima pilihan capres yang sudah tersedia itu. Padahal masih banyak tokoh lain yang lebih berkompeten. Alhasil, kondisi politik memaksa masyarakat harus memilih stok capres yang terbilang sedikit. "Orangnya itu-itu lagi," ujarnya.

Situasi politik Pilpres 2014, kata dia, tidak bisa dilepaskan dari kepentingan global. Dia menyangsikan kedua figur capres itu bisa lepas dari kepentingan global.

Dia menilai 10 tahun kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pemerintah dinilai mampu menstabilkan sistem ekonomi Indonesia. Tetapi kondisi itu pun masih belum bisa keluar dari kepentingan asing.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7513 seconds (0.1#10.140)