Tak peduli dapil penyebab caleg incumbent gatot

Rabu, 30 April 2014 - 20:29 WIB
Tak peduli dapil penyebab...
Tak peduli dapil penyebab caleg incumbent gatot
A A A
Sindonews.com - Kurang dari sepuluh hari lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal mengumumkan hasil rekapitulasi nasional penghitungan suara calon anggota DPR, DPD, dan DPRD.

Namun, banyak caleg DPR incumbent diprediksi gagal total (gatot) melenggang ke Senayan. Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) mengatakan, salah satu penyebab gagalnya caleg incumbent lantaran jarang mengunjungi daerah pemilihan (dapil) mereka.

"Bisa jadi yang bagus di pusat, sesungguhanya tidak bekerja di dapil, karena sibuk di pusat," kata Deputi Koordinator JPPR Masykurudin Hafidz, di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Karena caleg incumbent jarang di dapil, maka kesempatan itu dimanfaatkan caleg baru untuk merebut hati masyarakat. Hasilnya, DPR RI periode 2014-2019 dimungkinkan diisi wajah baru. "Kalau yang lama (incumbent), paling datang ke dapil sebentar, yang bekerja justru banyak tim suksesnya," ujarnya.

Hafidz menambahkan, hal itu juga dipengaruhi kinerja caleg incumbent selama menjabat anggota dewan. Menurutnya, tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja DPR semakin menurun.

Itu pun masih ditambah dengan angka korupsi yang menghantam sejumlah anggota dewan. "Oleh karena itu, para pemilih di dapil, lebih merasa dekat dengan caleg yang selalu di bawah," ungkapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)