Persiapan KPU jelang Pilpres 2014

Rabu, 16 April 2014 - 13:57 WIB
Persiapan KPU jelang Pilpres 2014
Persiapan KPU jelang Pilpres 2014
A A A
Sindonews.com - Meski rekapitulasi nasional hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 belum diumumkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai matangkan proses dan tahapan Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014 mendatang.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, KPU memfokuskan pada Peraturan KPU untuk disingkronkan dengan tahapan pilpres. Sebab, tahapan pilpres berbeda dengan tahapan pileg

"Dari sisi PKPU yang harus kita siapkan. PKPU (Peraturan KPU) pencalonan, PKPU dana kampanye, PKPU pemungutan suara, termasuk PKPU logistik," kata Ferry, di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Selain itu, kata Ferry, pihaknya tengah memersiapkan perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pileg yang bakal digunakan untuk DPT pilpres.

"Dalam satu bulan akan kita tetapkan dan juga prosesnya terus sampai ditetapkan. Kita harapkan ini lebih baik dari pileg kemarin," ujarnya.

Sementara ini, sambungnya, Daftar Pemilih Sementara (DPS) pilpres masih menggunakan DPT terakhir pileg, sebelum diputuskan menjadi DPT akhir hasil pleno dan rekapitulasi yang dilakukan pada 3 sampai 13 Juni 2014 mendatang.

"Dari tanggal 18 itu sudah mulai membuka pendaftaran (calon presiden dan wakil presiden), pencalonan, tes kesehatan dan lain sebagainya," ungkapnya.

Adapun untuk semua tahapan pilpres, KPU telah mengeluarkan PKPU Nomor 4 Tahun 2014. Hanya saja, KPU masih mematangkan PKPU untuk tahapan teknis secara terpisah seperti PKPU Kampanye, Pencalonan, dan Pemungutan dan Penghitungan Suara.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9320 seconds (0.1#10.140)