KPU targetkan rekapitulasi nasional akhir April

Kamis, 10 April 2014 - 13:34 WIB
KPU targetkan rekapitulasi...
KPU targetkan rekapitulasi nasional akhir April
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan proses penghitungan suara di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau kelurahan masih berlangsung hingga saat ini.

Komisioner KPU Ida Budhiati mengatakan, rekapitulasi hasil penghitungan akan dilakukan secara berjenjang di tingkat kelurahan akan selesai pada 15 April dan tingkat kecamatan pada 16 April 2014. Berikutnya dilakukan secara berjenjang untuk tingkat kabupaten/kota sampai provinsi.

"Kalau dalam negeri sudah selesai dilakukan, baru rekapitulasi nasional pada tanggal 26 April," kata Ida di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (10/4/2014).

Proses penghitungan di tingkat kelurahan atau desa, kata Ida, sampai saat ini tidak menemui kendala. Ia memastikan kalau pun ada masalah teknis berkaitan dengan ketidaksesuaian jumlah pemilih (DPT) dengan hasil, maka akan dicocokkan di tingkat masing-masing rekapitulasi.

"Kami berharap mengimbau pemantau dan pengawas mengikuti dengan baik proses secara berjenjang," ujar Ida.

Selanjutnya, tambah Ida, upaya koreksi yang dilakukan di tingkat rekapitulasi berjenjang akan mampu mengurangi masalah saat dilakukan rekapitulasi yang lebih tinggi, terutama rekapitulasi secara nasional.

"Sehingga persoalan tidak menggunung di ujung rekapitulasi, dapat diselesaikan di jenjang rekapitulasi," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4721 seconds (0.1#10.140)