RRI gelar quick count pemilu

Senin, 07 April 2014 - 19:53 WIB
RRI gelar quick count pemilu
RRI gelar quick count pemilu
A A A
Sindonews.com - Pemungutan dan penghitungan suara pemilu legislatif akan digelar dua hari lagi. Untuk memberikan informasi hasil perhitungan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membolehkan masyarakat, baik perorangan maupun kelompok, mengikuti hasil hitung cepat (quick count) pemilu.

Tak mau kalah dengan organisasi lembaga survei, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) bakal menggelar quick count secara akurat. RRI akan mengolah hitungan cepat pemilu legislatif di 2.000 TPS di Indonesia.

"Kepentingannya, kita memberikan informasi akurat, tepat dan cepat. Dengan android ini kita akan lebih cepat mengolah dari 2.000 TPS, dan secepat mungkin masyarakat bisa mengetahui hasil pemilu legislatif," kata Dirut LPP RRI Niken Widiastuti, dalam keterangan pers, kepada wartawan, di Jakarta, Senin (7/4/2014).

Menurut Niken, quick count yang dihadirkan nanti akan berfungsi sebagai pembanding dari hasil quick count yang ada seperti yang dilakukan lembaga survei maupun quick count dari media massa lainnya. Dia berjanji kegiatan hitung cepat itu akan dilakukan secara ilmiah dan independen.

"Quick count RRI ini menjadi ilmiah dan independen. Tahun 2009, dengan 7.500 kontributor hasil RRI mendekati KPU," ungkapnya.

Bahkan, RRI yang disubsidi negara itu mengklaim akan melakukan hitung cepat berdasarkan metedologi baru sekaligus menjadi terobosan mengawal kesukesesan pemilu 2014 yang belum pernah dibuat sebelumnya.

Selain itu, tujuan lain adalah memberikan informasi, pendidikan politik bagi masyarakat khususnya pemilih pemula, kontrol sosial, sosialisasi perundangan dan sosialisasi tahapan mekanisme pemilu.

"Dengan adanya pendidikan pendidikan learning organization, RRI terus mengadakan terobosan-terobosan. Kita bisa melakukan quick count, dan itu lebih canggih dan secanggih lembaga survei lainnya," tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6016 seconds (0.1#10.140)