Parpol jangan rayu penyelenggara pemilu berbuat curang

Senin, 07 April 2014 - 12:45 WIB
Parpol jangan rayu penyelenggara pemilu berbuat curang
Parpol jangan rayu penyelenggara pemilu berbuat curang
A A A
Penyelenggara pemilu jangan dirayu berbuat curang

Sindonews.com - Pemilu Legislatif (Pileg) tinggal menghitung hari. Namun, kecurangan tetap mengintai pesta demokrasi lima tahunan ini. Kecurangan pada pemilu bisa terjadi jika partai politik (parpol) 'merayu' penyelenggara dengan iming-iming tertentu.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah meminta parpol agar tidak 'merayu' penyelenggara pemilu dengan iming-iming materi untuk terciptanya pemilu yang bersih dan bermartabat.

"Di lapangan itu kan juga berlaku hukum ekonomi. Kalau ada permintaan, akan ada penawaran, sebaliknya juga begitu. Makanya kami imbau parpol tidak menawari penyelenggara untuk bekerja sama berbuat curang," ujar Ferry di Gedung KPU, Jakarta, Senin (7/4/2014)

Namun, Ferry tidak menutup kemungkinan justru penyelenggara pemilu yang menawarkan jasa kepada parpol atau caleg. Sebab, bukan tidak mungkin ada penyelenggara di tingkat bawah yang integritasnya dipertanyakan.

"Jadi itu juga jadi otokritik bagi kami. Intinya kecurangan bisa datang dari dua sisi, parpol atau penyelenggaranya," jelasnya.

Untuk mencegah ada kongkalikong antara parpol dengan penyelenggara negara, maka KPU melakukan upaya pencegahan. "Makanya di formulir C1 itu kami tempelkan hologram agar tidak mudah dipalsukan. Nanti formulir C1 itu juga discanning dan dikirim ke KPU pusat untuk dipublikasikan," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5339 seconds (0.1#10.140)