Demokrat dinilai tidak berhasil melakukan konsolidasi internal

Kamis, 03 April 2014 - 14:42 WIB
Demokrat dinilai tidak berhasil melakukan konsolidasi internal
Demokrat dinilai tidak berhasil melakukan konsolidasi internal
A A A
Sindonews.com - Hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) menempatkan Partai Demokrat di peringkat enam dari 12 partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

LSJ menilai ada beberapa faktor yang menyebabkan partai berlambang bintang mercy ini tidak lolos lima besar. "Pertama, Partai Demokrat tidak berhasil melakukan konsolidasi internal semenjak kasus korupsi bergelombang menimpa mereka," ujar Peneliti Utama LSJ Syaiful Syam di Restoran Pulau Dua, Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Kedua, kata dia, persepsi publik terhadap kinerja pemerintahan SBY-Boediono sangat rendah. "Ini pada gilirannya merugikan Partai Demokrat sebagai the rulling party," tuturnya.

Adapun faktor yang ketiga, yakni tidak munculnya tokoh atau ikon baru pengganti Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY sebagai magnet utama untuk mendulang dukungan publik bagi Partai Demokrat.

Hal yang sama juga dialami Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun, kata dia, turunnya elektabilitas PKS tidak sedrastis Partai Demokrat karena PKSberhasil melakukan konsolidasi internal yang sangat baik.

"Meskipun demikian PKS tetap terpukul oleh kasus korupsi yang melibatkan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) dan harus merelakan statusnya sebagai jawara partai-partai berbasis massa Islam diambil alih partai lainnya," tuturnya.

Survei ini dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan 30 Maret 2014 di 33 provinsi dengan mengambil sampel sebanyak 1225, dengan margin of error 2,8 persen dan level of confidence 95 persen.

Pengumpulan data dalam survei ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara berpedoman pada kuisioner.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0297 seconds (0.1#10.140)