PKB optimis bisa gaet pemilih pemula

Selasa, 01 April 2014 - 15:22 WIB
PKB optimis bisa gaet pemilih pemula
PKB optimis bisa gaet pemilih pemula
A A A
Sindonews.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menanggapi santai, hasil survei Lembaga Klimatologi Politik (LKP), yang merilis partai berbasis massa Islam kurang mendapatkan suara dari pemilih pemula.

"(Hasil survei LKP) ini menjadi tantangan tersendiri bagi partai-partai berbasis Islam," kata Ketua DPP PKB Marwan Jafar, saat dihubungi wartawan, Selasa (1/4/2014).

Ia pun tak terlalu mengkhawatirkan hasil survei yang menyebut hanya 19,2 persen pemilih pemula, yang akan mencoblos partai berideologi Islam.

Menurutnya, hal ini didasari berbagai langkah PKB dalam menggaet kaum muda pada pesta demokrasi tahun ini. "PKB partai terbuka, partai yang menjunjung tinggi pluralisme, pengurusnya dari DPP sampai desa juga orang muda yang berpengalaman di politik dan punya modal sosial yang mumpuni," ucap Marwan.

"PKB punya badan otonom yang peduli terhadap kaum muda, nama Garda Bangsa (Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa) dan punya Gema Saba (Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa), ini anggotanya para pemuda, mahasiswa dan pelajar," sambungnya.

Lanjut Marwan, PKB juga aktif di media sosial dalam menjaring suara pemilih pemuda di pesta demokrasi tahun ini. "Kami optimis bisa menggaet pemilih pemula. PKB sudah dan siap menjad sarana atau wahana aktualisasi politik orang-orang muda," tuturnya.

"PKB sudah memaksimalkan itu semua, termasuk kalau PKB menang pemilu, PKB siap menyediakan lapangan kerja baru bagi kaum muda sebanyak 50 juta orang," pungkasnya.

Sekadar informasi, hasil survei LKP menunjukkan suara pemilih pemula untuk partai Islam hanya 19,2 persen sementara partai nasionalis 77 persen.

Berikut hasil survei LKP soal pemilih pemula:

1. Partai Golkar: 22,9 persen
2. PDIP: 20,4 persen
3. Partai Gerindra: 15,6 persen
4. Partai Hanura: 8,4 persen
5. Partai Demokrat: 6,1 persen
6. PAN: 5,4 persen
7. PKB: 4,8 persen
8. PKS: 4,2 persen
9. Partai NasDem: 3,6 persen
10. PPP: 3,6 persen
11. PBB: 1,2 persen
Undecided: 3,8 persen
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3862 seconds (0.1#10.140)