Cegah konflik, Polri sebar intel sampai kecamatan

Senin, 24 Februari 2014 - 19:32 WIB
Cegah konflik, Polri sebar intel sampai kecamatan
Cegah konflik, Polri sebar intel sampai kecamatan
A A A
Sindonews.com - Mabes Polri menjamin keamanan menjelang pelaksanaan pemilu mendatang. Untuk mengantisipasi dan mencegah konflik yang akan terjadi, Polri bakal menempatkan aparat intelijennya di tiap kecamatan.

"Intelijen sudah sampai ke tingkat kecamatan dan setiap kecamatan itu ada bintara kan ada Polsek. Setiap Polsek punya bintara pengumpul bahan keterangan," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Polisi Ronie Sompie dalam Focus Group Discussion tentang Pemilu 2014 dengan Tema 'Pemilu 2104 Bersih?' yang diselenggarakan Forum Jurnalis Jakarta, Senin (24/2/2014).

Nantinya, kata Ronie, bintara intelijen Polri bisa bekerja sama dengan para Babinsa, para bintara intelijen dari TNI AD yang ada di setiap Koramil. "Ini mereka sudah berkolaborasi dengan kepala desa, kerja sama sudah sangat bagus," sebutnya.

Ronie memastikan, penambahan personel Polri di daerah yang berpotensi rawan konflik tergantung kondisi daerah tersebut.

"Kita menambah jumlah personel tergantung permasalahan yang ada, mudah-mudahan perkembangan dan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat apakah di kabupaten, kota maupun provinsi di seluruh Tanah Air," jelasnya.

Meski demikian, lanjutnya Polri, tetap mengedepankan upaya-upaya pencegahan. Dengan upaya pencegahan ini, diharapkan terjadinya kegiatan-kegiatan yang menguras biaya tinggi bisa dihindari.

"Terutama kalau terjadi konflik maka biaya pengamanannya cukup tinggi kita harus mengirim pasukan ke daerah-daerah tertentu, itu bagaimana distribusi pasukan memerlukan biaya cukup tinggi belum akomodasinya dan sebagainya."

"Oleh karena itu bagaimana kita mencegah, jangan sampai orang lain dan kelompok tertentu yang tidak jelas tujuannya kemudian difasilitasi oleh masyarakat setempat. Kearifan lokal para tokoh masyarakat lebih paham tentang hal ini," sebutnya.

Pihaknya juga mengharapkan media bisa menjembatani untuk memberi pencerahan kepada masyarakat untuk mengantisipasi konflik menjelang pemilu ini.

Baca berita:
Polri petakan daerah rawan konflik pemilu
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9012 seconds (0.1#10.140)