PAN Dorong Reformasi Agraria

Jum'at, 21 Februari 2014 - 23:21 WIB
PAN Dorong Reformasi Agraria
PAN Dorong Reformasi Agraria
A A A
Sindonews.com - Partai Amanat Nasional (PAN) mendorong dilakukannya reformasi agraria. Alasannya status kepemilikan lahan antara yang kaya dan yang miskin sangat tidak adil. Bahkan rasio kesenjangan mencapai yang tertinggi di dunia.

“Kita sudah melihat adanya kesenjangan pemilikan lahan yang luar biasa senjang dengan rasio sekitar 0,7. Di luar Jawa malah lebih tinggi. Ini tergolong pada tingkat kesenjangan paling tinggi di dunia,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat PAN Didik J Rachbini di Jakarta, Senin 19 Februari 2014.

Ia menjelaskan, banyak petani tuna tanah tetapi penguasaan tanah oleh pribadi dan perusahaan bisa mencapai ratusan ribu hektar. Karena itu tidak ada jalan lain harus reformasi agraria. Pemilik tanah perkebunan yang hak guna usaha (HGU) nya habis sebagian dibeli oleh pemerintah dan disistribusikan kepada masyarakat pengusaha kecil terpilih yang mampu mengelola lahan kecil tapi produktif.

"Tanah-tanah absen yang tidak digarap lama dalam waktu tertentu diambil alih atau dibeli negara dan disistribusikan kepada petani," pungkasnya.

Baca berita:
Amin Rais optimis PAN tembus 4 besar
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7257 seconds (0.1#10.140)