Lagi, puluhan APK di Salatiga disita tim penertiban

Kamis, 13 Februari 2014 - 12:57 WIB
Lagi, puluhan APK di Salatiga disita tim penertiban
Lagi, puluhan APK di Salatiga disita tim penertiban
A A A
Sindonews.com - Tim penertiban alat peraga kampanye (APK) Kota Salatiga yang terdiri dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Satpol PP, Badan Kesbangpol dan Polres Salatiga kembali menggelar razia.

Puluhan APK yang terdiri dari banner dan baliho calon legislatif (caleg) yang pemasangan melanggar aturan diturunkan paksa dan disita.

Komisioner KPU Kota Salatiga Sujit Mujirno mengatakan, operasi dan penertiban APK ini merupakan kelanjutan dari operasi yang digelar pada Selasa (11/2) lalu. Karena ternyata masih banyak ditemukan APK yang pemasangannya melanggar aturan.

"APK tersebut langsung kami copot dan disita," katanya, Kamis (13/2/2014).

Sujit menyayangkan sikap para caleg yang tetap membandel dan tidak mau mencopot APK-nya yang melanggar aturan. Padahal beberapa hari sebelum operasi digelar, KPU Kota Salatiga sudah melayangkan surat kepada semua partai politik (Parpol) terkait pelanggaran APK yang dilakukan calegnya.

"Kami juga sudah mengimbau kepada semua caleg melalui parpolnya masing-masing untuk menurunkan APKnya yang melanggar aturan. Tapi kenyataanya, masih banyak APK yang melanggar aturan belum diturunkan," ujarnya.

Kepala Satpol PP Kota Salatiga Kusumo Adji menambahkan, semua APK yang disita adalah pemasangannya menyalahi aturan zona larangan pemasangan dan tak berpajak.

"Semua alat peraga kampanye yang menyalahi aturan kami tertibkan. Namun sebelumnya kami sudah menginformasikan hal ini (operasi) kepada masing-masing parpol dengan harapan, mereka mau mencopot sendiri. Ternyata masih ada APK yang melanggar dan tidak dicopot oleh pemiliknya," ucapnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6636 seconds (0.1#10.140)