Urusan Indonesia dengan Singapura sudah selesai

Rabu, 12 Februari 2014 - 06:44 WIB
Urusan Indonesia dengan Singapura sudah selesai
Urusan Indonesia dengan Singapura sudah selesai
A A A
Sindonews.com - Protes pemerintah Singapura terhadap penamaan Kri Usman Harun dinilai sebagai sesuatu yang wajar. Pasalnya, bagi Singapura peristiwa pengeboman MacDonald House oleh Usman dan Harun memang peristiwa traumatis.

"Sebab itu instalasi sipil dan diledakkan dalam kondisi Indonesia dan Malaysia Federasi saat itu tidak dalam keadaan perang," ujar Pengamat Politik dari Universitas Sumatera Utara (USU), Ahmad Taufan Damanik saat dihubungi Sindonews, Rabu (12/2/2014).

Namun, ia tak menampik secara politis Singapura meraup keuntungan dengan propaganda konfrontasi Malaysia oleh Presiden Soekarno. Sehingga, Singapura akhirnya bisa merdeka dari Federasi Malaysia.

"Itu sebabnya tahun 1976, Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew telah menabur bunga di makam Usman dan Harun. Nah, sekarang semestinya Singapura tak perlu bereaksi terlalu keras. Sebab ini masalah masa lampau yang sudah diselesaikan dengan diplomasi kedua negara dan ditandai kunjungan Lee Kuan Yew ke TMP Kalibata," jelasnya.

"Indonesia pun sudah berganti rezim, sudah bersama di dalan Ă„SEAN dan tidak ada lagi konteks perang ideologi antara kelompok kiri dan kapitalis," sambung Ahmad.

Polemik KRI Usman Harun muncul karena adanya protes Singapura terhadap penamaan itu. Pihak Singapura berpendapat Usman Harun merupakan tokoh yang ditangkap dan dihukum gantung oleh pemerintah Singapura atas tuduhan melakukan pengeboman di sekitar MacDonald House di Orchard Road, Singapura pada 10 Maret 1965.

Adapun nama Usman Harun, merupakan gabungan dari nama dua marinir Indonesia, yaitu Usman Janatin dan Harun Said yang dianggap terlibat pemboman di sebuah bangunan di Orchard Road pada tahun 1965.

Dua marinir Indonesia itu, telah dieksekusi dengan hukuman gantung di Singapura, karena dianggap bersalah dalam pemboman tersebut. Jenazah keduanya telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Baca berita:
Usman Harun mampu jatuhkan pesawat tempur
Misi Singapura di balik polemik Usman Harun
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5209 seconds (0.1#10.140)