Jelang pemilu, gerakan separatis dalam pengawasan Polri

Senin, 03 Februari 2014 - 10:30 WIB
Jelang pemilu, gerakan separatis dalam pengawasan Polri
Jelang pemilu, gerakan separatis dalam pengawasan Polri
A A A
Sindonews.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menegaskan akan mengantisipasi adanya gerakan-gerakan separatisme yang muncul menjelang diselenggarakannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 nanti.

Gerakan-gerakan separatis yang diduga kuat akan muncul yakni Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Organisasi Papua Merdeka (OPM) dan Republik Maluku Selatan (RMS).

"Itu menjadi salah satu pertimbangan kami dalam pengamanan pemilu nanti," tegas Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam), Komjen Pol Badrodin Haiti di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2014).

Selain gerakan separatis, ancaman terorisme pun menjadi salah satu prioritas utama Kabaharkam. Antisiapasi dilakukan agar pemilu nanti berlangsung dengan aman dan terkendali. "Termasuk ancaman teror dan kerawanan wilayah lain," ujar Badrodin.

Seperti Aceh, Badrodin mengakui bahwa Aceh menjadi salah satu wilayah fokus pengamanan oleh Kabaharkam menjelang Pemilu 2014. Pasalnya, wilayah Aceh adalah wilayah bekas terjadinya konflik lokal yang terjadi karena adanya gerakan separatis.

"Bekas-bekas konflik itu kan masih ada. Di Aceh, pasca konflik itu, senjata masih banyak beredar. Itu akan menjadi fokus kami dalam mengamankan Pemilu nanti," pungkas Badrodin.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9324 seconds (0.1#10.140)