Kapabilitas Win-HT di atas Prabowo

Sabtu, 01 Februari 2014 - 15:39 WIB
Kapabilitas Win-HT di...
Kapabilitas Win-HT di atas Prabowo
A A A
Sindonews.com - Indonesia Research Centre (IRC) merilis tentang survei elektabilitas dan kapabilitas masing-masing bakal calon presiden (capres) pada Pemilu 2014 mendatang.

Dari segi Kapabilitas, IRC menempatkan pasangan Capres dan Cawapres Partai Hanura Wiranto - Hary Tanoesoedibjo (WIN-HT) unggul atas Capres dari Partai Gerindra Prabowo Subianto.

WIN-HT mendapat poin 2,6%. Sementara, Prabowo Subianto 2,4%. Posisi WIN-HT tetap konsisten dan tak mampu digeser oleh Prabowo.

"Wiranto-HT memiliki kapabilitas keamanan dan penegakan hukum. (Selain itu) latar belakang (menangani) ekonomi sangat diinginkan," kata Peneliti IRC Yunita Mandolang saat rilis survei capres 2014: Elektabilitas vs Kapabilitas, di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (1/2/2014).

Dalam keterangan survei, capres dengan elektabilitas kurang dari 2,6% tidak disertakan dalam penghitungan. Artinya, hanya Joko Widodo (Jokowi), Jusuf Kalla (JK), dan WIN-HT yang berhak menempati tiga posisi tersebut.

Survei juga menunjukkan kapabilitas Jusuf Kalla dinilai lebih tinggi dibandingkan Prabowo. "Yang menarik kandidat dengan elektabilitas rendah yaitu Jusuf Kalla melesat dari posisi keenam secara kapabilitas, ada di posisi kedua setelah Jokowi dengan rata-rata 2,8 persen," ujar Yunita.

Survei IRC dilakukan terhadap 1.400 responden, yang diuji secara nasioanal mulai 23 Desember 2013 -14 Januari 2014 dengan ambang kesalahan (margin of error) sebanyak 2.6%, dan memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95%.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)