Gita Wirjawan mundur cuma pencitraan

Sabtu, 01 Februari 2014 - 07:00 WIB
Gita Wirjawan mundur cuma pencitraan
Gita Wirjawan mundur cuma pencitraan
A A A
Sindonews.com - Kemunduran Gita Wirjawan dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) hanya sebagai pencitraan. Karena, Gita merupakan salah seorang peserta capres dari Partai Demokrat.

"Gita Mundur Desain untuk tarik magnet politik. Mundurnya Gita sebagai Mendag tidak lebih sebagai desain politik untuk dirinya maupun bagi Partai Demokrat," kata Pengamat Politik dari Universitas Mercu Buana Heri Budianto kepada Sindonews, Jumat 31 Januari 2014.

Dia mengatakan, kemunduran Gita dari kursi menteri merupakan hal yang positif agar bisa lebih fokus lagi pada konvensi partai bentukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Ada beberapa alasan, pertama perilaku mundur dari jabatan akan dinilai bagian dari sikap terpuji dan akan diapresiasi positif oleh sebagian besar orang. Kedua, ini juga dijadikan momentum untuk menarik popularitas dan elektabilitas Gita Wirjawan yang kalah bersaing dengan peserta konvensi lain," bebernya.

Selanjutnya, kata Heri, pengunduran diri tersebut memang sudah diseting untuk menarik konvensi Partai Demokrat dari publik. Karena, selama ini konvensi tersebut jauh dari perhatian masyarakat.

"Ketiga, ini juga desain untuk menarik perhatian media dan publik oleh Partai Demokrat terkait konvensi yang selama berlangsung tanpa magnet kuat," katanya.

Maka itu, kata dia, Presiden SBY selaku atasan Gita di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II yang juga Ketua Umum Partai Demokrat tentunya merestui langkah tersebut.

"Untuk yang ketiga ini saya melihat Presiden SBY akhirnya menyetujui GW mundur, karena bisa jadi akan menguntungkan Demokrat," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6090 seconds (0.1#10.140)